Pantas Ditiru! Kapolsek Amurang Ajarkan Baca Tulis Tahanan Buta Huruf

AMURANG, SorotanNews.com— Apa yang dilakukan Aiptu Bayu Damara, pantas ditiru. Meski memiliki banyak tugas tanggungjawab sebagai seorang Kapolsek, mantan ajudan Kapolda Sulut itu menyisahkan waktunya untuk mengajari baca tulis bagi seorang tahanan buta huruf.

Diketahui, tahanan yang buta huruf itu Ekel (13 tahun), Ekel sendiri diketahui adalah salah satu tahanan di Polsek Amurang. Dia ditahan di Polsek Amurang, lantaran terkait dengan kasus kriminalitas.

Ekel adalah bocah 13 tahun yang ditangkap bersama lima rekannya, yang terlibat dalam kasus curanmor.

Awal diketahui Ekel tidak bisa baca tulis, saat kapolsek meminta Ekel menuliskan nama lengkapnya di lembaran kertas. Ekel pun mengatakan dirinya tidak bisa baca tulis. Hal ini lah kemudian menggerakkan hati kapolsek untuk membelajarkan Ekel baca tulis.

“Pertama saya mengetahui bahwa bocah ini tidak bisa baca tulis. Saat dimana dia harus menuliskan nama lengkapnya guna kepentingan penyelidikan oleh penyidik. Dan saat itu kami akhirnya tau bahwa bocah ini tidak bisa menulis dan membaca. Maka saya berinisiatif untuk memberikan pelajaran khusus buatnya selama dia mendekam di Polsek Amurang. Miris memang anak seumuran dia tidak bisa menulis dan membaca,” ujar kapolsek.

Setiap harinya kegiatan ini rutin dikerjakan kapolsek. Alhasil Ekel kini mulai bisa mengenal huruf abjad. Bahkan dirinya mulai bisa membaca dua sampai tiga kalimat.

“Ya Alhamdulillah, bocah ini sudah bisa mengenal huruf dan angka. Harapan saya, lepas dari masalah hukum ini, dia bisa melanjutkan pendidikannya yang seharusnya ia dapatkan diluar sana,” tambah kapolsek.

Ekel sendiri adalah bocah yang hidup sendirian tanpa ayah ibunya. Keberadaan orang tuanya sampai saat ini tak ia ketahui.

“Kita memang sempat mendapat kesulitan, karna bocah ini masih dibawah umur. Yang harusnya ada pendampingan orang tuanya. Namun keberadaan orang tuanya tak ia ketahui. Jadi nanti untuk perkara yang ia akan jalani pasti kembalinya ke pengawasan Balai Pemasyarakatan Sulut untuk pengawalan anak dibawah umur, ” tambah kapolsek.

Adegan video Kapolsek yang mengajarkan baca tulis kepada Ekel pun viral di jejaring Media Sosial (Medsos) yang kemudian banyak diapresiasi oleh Warga Net. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here