oleh

Keluarkan SP3, Polres Minsel Bakal Digugat Praperadilan Duran Cs

AMURANG, SorotanNews.com —Kepolisian Resor Minahasa Selatan bakal digugat praperadilan warga Amurang, Yan Durant, Sultje Wahani, Yanni Wowor, Merry longdong, Silvi londong, dan Treis Rompis.

Gugatan ini diajukan setelah Polres Minsel mengeluarkan Surat Perintah Penghentikan Penyidikan (SP3) terhadap laporan yang dibuat Duran Cs pada 5 Agustus 2017 silam, atas dugaan pemalsuaan dokumen terlapor Benny Kereh Cs.

Upaya hukum praperadilan yang ditempuh Duran bersaudara ini merupakan ikhtiar mencari keadilan semata.

Sebab mereka meyakini laporan dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen yang diajukannya pantas untuk dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Apalagi prosesnya sudah pada tahapan proses penyidikan dimana penyidik sudah menemukan dua alat bukti. Artinya, dari proses lidik dinaikan ke sidik, tentunya syarat minimal ada dua alat bukti.

“Yang kami tahu ketika proses penyelidikan sudah naik ke tahapan penyidikan, itu artinya sudah ada unsur tindak pidana di dalamnya. Tapi agak ganjal bagi kami kalau kemudian di tengah jalan penyidik justru menghentikan penyidikan alasan tidak cukup bukti,” ungkap Duran.

Duran menyesalkan SP3 yang dikeluarkan Polres Minsel tanpa mempertimbangkan hasil uji labolatorium Forensik Makasar perihal dugaan pemalsuan dokumen serta sejumlah bukti yang dikantongi pihaknya.

“Labaratorium Forensik Makasar mengatakan dalam surat tersebut tandatangan surat keterangan hak milik atas nama Junus Sariowan adalah tandangan karangan atau Spurious Signature. Jadi jelas itu adalah tandatangan karangan,” sesal Duran.

Padahal Ia mengaku proses uji labolatorium Forensik yang dilakukan di Makasar itu merupakan rekomendasi dari pihak Penyidik sendiri.

“Kenapa penyidik meminta kami untuk melakukan pemeriksaan Lab Forensik Makasar, sehingga kami telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun pada kenyaaannya hasil Lab dari Makasar tidak berguna,” imbuhnya dalam nada kesal.

Untuk diketahui, laporan dugaan pemalsuan dokumen yang dilaporan Durant Cs pada tanggal 5 Agustus 2017 silam kepada Benny Kereh Cs dihentikan lewat surat SP3 yang dikeluarkan Polres MInsel tertanggal 11 Oktober 2021 belum lama ini. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *