SBANL Buka Penyuluhan Perikanan Oleh KKP-RI Secara Virtual

MANADO, SorotanNews.com —Pelatihan dan penyuluhan perikanan menjadi momentum sebagai salah satu cara untuk mendorong nelayan agar dapat memanfaatkan ikan hasil tangkap dengan optimal.

Pernyataan itu diungkapkan Anggota Komite II DPD-RI Ir Stefanus Ban Liow saat membawakan sambutan sekaligus membuka secara resmi pelatihan dan penyuluhan perikanan yang digelar secara virtual oleh Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelauatan dan Perikanan Kementerian Kelauatan dan Perikanan RI melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung, Selasa (26/10) siang tadi.

Dalam kesempatan itu, Senator SBANL berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan disertai karakter yang baik bagi nelayan serta tentunya memberikan nilai tambah ekonomi keluarga dan kesejahteraan masyarakat ditengah tantangan pandemi Covid-19.

“Program pelatihan dan penyuhan perikanan sebagai perwujudan sinergitas Komite II DPD RI dengan salah satu mitranya yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang sama-sama mempunyai tekad dan komitmen membangun sumber daya kelautan dan perikanan dengan meningkatkan kompetensi berdaya saing mewujudkan kemakmuran masyarakat,” ungkap Senator yang dikenal konsisten menjembatani aspirasi dan kepentingan daerah di pusat.

Sebelumnya, Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dr. Ir. Kudiantoro, MS memberikan apresiasi kepada Senator Stefanus Liow yang terus berkomitmen membangun sumber daya kelautan dan perikanan untuk mewujudkan kemakmuran masyarakat dan membangun negeri tingkatkan ekonomi nelayan, termasuk di Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Kudiantoro, bahwa ikan merupakan komoditi yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Namun produk ikan sangat cepat nengalami penurunan mutu, sehingga perlu perhatian serius agar mutu ikan tetap terjaga sampai ditangan konsumen.

Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung Akhmad Ridiodun, SP,MT menjelaskan selama dua hari tanggal 26-27 Oktober 2021 digelar (1) Pelatihan cara penanganan ikan yang baik bagi masyarakat pelaku utama nelayan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, dan (2) Pelatihan Perawatan Mesin Bensin (tempel dan ketinting) kapal perikanan bagi masyarakat pelaku utama nelayan di Kabupaten Minahasa Selatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *