oleh

Momongan – Malonda Tembus 20 Besar KPU dan Bawaslu RI, Begini Penegasan Liando

JAKARTA, SorotanNews.com — Tim seleksi penyelenggara pemilu periode 2022-2027 baru saja mengumumkan 48 peserta yang lolos ujian tertulis, tes paikologi dan penulisan makalah. Menariknya dari 48 nama tersebut terdapat dua nama calon komisioner dari Sulut, Yessy Momongan untuk KPU RI dan Herwyn Malonda untuk Bawaslu RI.

Masuknya Momongan dan Malonda sebagai nominasi 20 besar calon penyelenggara KPU dan Bawaslu RI menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Sulut.

Ferry Liando akademisi asal Sulawesi Utara berharap dalam proses seleksi kedepan, panitia seleksi tidak hanya mempertimbangkan aspek kapasitas, kualitas dan integritas calon penyelenggara. Namun menurut penanggungjawab program tatakelola kepemiluan Pasca Sarjana Unsrat itu, Pansel juga harus memerhatikan aspek representasi.

Selain itu, pengalaman sebagai penyelenggara di daerah juga dipandang penting menjadi pertimbangan pansel dalam menentukan kelulusan.

“Banyak penyelenggara yang berhasil di daerah ketika mereka menjabat di daerah. Sehingga ini menjadi peluang bagi mereka untuk diberi Kesempatan sebagai penyelenggara di tingkat pusat,” harap Liando.

Kendati begitu Dosen yang concern di bidang demokrasi dan kepemiluan itu menegaskan kapasitas dan sistem merit tetap menjadi hal yang harus diutamakan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *