Penghujung Tahun 2021, Polimdo Sembangi Mitra Gelar PKM di Kecamatan Posumaen

MANADO, SorotanNews.comTim Dosen dan Mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Minanga Timur dan Desa Bentenan Kecamatan Pusomaen Kabupaten Minahasa Tenggara, pada 3-4 Desember pekan lalu.

Kegiatan pengabdian yang merupakan bagian dari Tridarma perguruan tinggi itu dihelat dengan tema besar peningkatan ketrampilan dan tata sosial kelompok usaha dan perangkat desa menuju desa mandiri dan sadar bencana.

Kegiatan PKM yang helat pusat penelitian dan pengabdian pada masyarakat (P3M) Polimdo Ini, menurut Koordinator Perencanaan, kerjasama dan Humas Toni Alalinti melalui rilis yang diterima media ini selain memiliki tujan untuk mengedukasi masyarakat tentang standar pembangunan rumah tahan gempa dan kesadaran terhadap bencana, kegiatan pengabdian ini juga digelar untuk meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam tatakelola administrasi pemerintahan desa. Sekaligus sebagai bagian dari upaya memperkuat sinergitas kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Mitra.

“Ada banyak program yang kita helat pada PKM kali ini. Ada program fisik seperti membangun jembatan sebagai akses jalan anak-anak sekolah di Desa Minanga Timur. Itu ukurannya sekira 8m x 1,5m. Kemudian untuk program non fisik kita juga melaksanakan edukasi untuk meningkatkan ketrampilan kelompok usaha dalam mendesign kemasan produk unggulan masyarakat,” ungkap Alalinti.

Program-program yang diterapkan Polimdo pada PKM di dua desa ini, kata Alalinti diharapkan memberi output yang positif. Semisalnya tersedianya akses jalan bagi anak-anak sekolah, tersedianya alat bantu desain kemasan seperti mesin press, rehabilitasi peta jalur evakuasi bencana tsunami termasuk tersediannya sumberdaya perangkat desa yang handal dalam tatakelola administrasi pemerintahan.

“Yang nanti pada ujungnya autcome yang bisa dirasakan adalah masyarakat desa itu sendiri. Karena sudah memiliki pengetahuan yang mumpuni di segala sektor yang berkaitan dengan tujuan dari digelarnya PKM ini, ” harapnya. (*/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here