Gelar Konsultasi Publik Bahas Pemindahan Ibu Kota Negara, Bappenas Gandeng Liando Cs Jadi Narsum

MANADO — Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI) bersama Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado bakal menghelat Konsultasi Publik Rancangan Undang-Undang Tentang Ibu Kota Negara di Hotel Swiss-Belhotel Manado, Jumat (17/12) siang ini.

Rencananya konsultasi public yang menampilkan para narasumber terbaik itu akan dibuka langsung Prof. Dr. Ir. Markus Lasut selaku Direktur Pascasarjana Unsrat

Salah satu narasumber, Ferry Daud Liando mengatakan bahwa wacana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta, telah mencuat di hampir semua masa pemerintahan Indonesia, mulai dari pemerintahan Presiden Soekarno, hingga pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dalam beberapa tahun terakhir, urgensi pemindahan Ibu Kota Negara menjadi kian mendesak terutama dikaitkan dengan upaya untuk mengurangi kesenjangan pembangunan di Indonesia,” ujar Liando.

Pengamat politik dan pemerintahan ini menilai, pemindahan IKN dari Jakarta diperlukan dalam rangka mengurangi beban Jakarta yang sudah terlalu berat.

“Saat ini Jakarta berperan sebagai pusat segalanya, pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat jasa keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa pendidikan,” kata Liando.

Menurut Liando, hal ini menimbulkan berbagai permasalahan, seperti tingginya urbanisasi, kemacetan lalu lintas, rawan banjir tahunan, turunnya permukaan tanah (land subsidence), semakin terbatasnya pasokan air bersih, serta adanya potensi ancaman gempa.

Untuk membahas itu, Bappenas RI menggandeng Pascasarjana Unsrat dalam agenda konsultasi publik dengan narasumber dari Unsrat seperti :

  • Prof Fabian Manopo.,
  • Prof. Charles Keppel.,
  • Prof. Dr. Zetly Tamod.,
  • Dr. Ferry Daud Liando.,
  • Dr. Vecky Masinambow.

Serta narasumber dari Bappenas diantaranya :

  • Dr. Diani Sadiawati S.H. LLM. (Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Kelembagaan),
  • Amalia Adininggar Widyasanti, ST, M.Si, M.Eng, Ph.D (Deputi Bidang Ekonomi Bappenas),
  • Sidik Pramono (Ketua Tim Komunikasi IKN).

Kegiatan pun akan dipandu oleh moderator Dr. Mayske R. Liando bersama Joy Tulung Ph.D. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here