oleh

2022 Pemkab Minsel Kecipratan DAK Rp148 Miliar

AMURANG, SorotanNews.com — Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, Propinsi Sulawesi Utara mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat tahun 2022 sebesar Rp148 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Minsel James Tombokan menjelaskan rincian anggaran tersebut terdiri dari Rp66 miliar DAK fisik dan Rp88 miliar DAK non fisik.

“Besarannya masih persis sama dengan tahun-tahun kemarin,” ungkap Tombokan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/1) 2022.

Tombokan mengurai anggaran ratusan miliar tersebut akan dikelola oleh sejumlah SKPD di antaranya Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Dikpora) dan Dinas Pertanian (Dinstan).

Dia berharap masing-masing SKPD pengelola DAK untuk selalu pro aktif menyiapkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan DAK.

“DPA sudah ada jadi masing-masing SKPD sudah bisa menyiapkan dokumen permintaan anggaran. Sekaligus penunjukkan pengeloalan Keuangan di tingkat SKPD. Baik PPK PPTK maupun pejabat pengadaan dan lain-lain. Supaya ketika anggarannya sudah masuk langsung diproses,” harapnya.

Hanya saja kata dia terkait mekanisme pelaksanaan DAK tahun 2022 Pemkab masih menunggu juknis.

“Apakah mekanisme transfernya masih sama tiga termin atau ada perubahan nanti kita lihat di juknis yang akan turun dalam waktu dekat Ini, ” tutupnya. (*/dou)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *