Bupati Wongkar Canangkan Vaksinasi Booster, Seluruh Puskesmas Siap Melayani

AMURANG, SorotanNews.com — Bupati Minahasa Selatan Frangky Donny Wongkar mencanangkan vaksinasi tahap III atau vaksin Booster di Waleta Kantor Bupati, Jumat (14/1) pagi tadi.

Pencanangan tersebut sebagai tanda awal dimulai vaskinasi Booster di Kabupaten Minahasa Selatan.

Bupati dalam kesempatan itu mengatakan vaksinasi Booster merupakan amanat Surat Edaran Kemenkes RI Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang vaksinasi 19 dosis lanjutan.

“Vaksinasi Dosis lanjutan ini diwajibkan kepada masyarakat usia 18 tahun ke atas yang sudah menerima vaksin dosis kedua minimal 6 bulan terakhir. Semoga ini disampai-sampaikan ke pada masyarakat Minsel,” harap Bupati.

Wongkar menegaskan stok Vaksin Booster sendiri sangat cukup sebagaimana stok yang tersedia secara nasional.

“Sudah kita mulai hari ini. Vaksin Boosters ini gratis manfaatnya sangat bagus untuk mempertahankan tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan tubuh dari pandemi Covid-19. Mari kita manfaatkan program vaksinasi Booster ini,” ajak Bupati

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Erwin Schouten menjelaskan pemberian vaksinasi Booster sendiri dilakukan dengan dua mekanisme. Yakni mekanisme humolog dan heterolog.

“Mekanimse humolog atau pemberian vaksin Booster dengan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang sudah didapat sebelumnya,” terang Schouten melalui Kepala Bidang P2P Dinkes Minsel Tonny Rawis Di sela-sela pemberian vaksin Booster.

Sementara untuk mekanisme kedua heterolog yaiitu pemberian vaksin lanjutan dengan menggunakan jenis vaksin berbeda dengan jenis vaksin yang telah diberikan sebelumnya.

Diketahui setelah dilaunching pada hari ini, pelayanan vaksinasi Booster akan dibuka masing-masing Puskesmas yang ada.

“Jadi warga bisa langsung datang ke Puskesmas yang sekitarnya untuk mendapatkan layanan Vaksinasi Booster,” katanya.

Dia menambahkan untuk Minsel sendiri Data vaksinasi menunjukkan trend positive. Dia merinci per Januari 2022 untuk dosis pertama sudah mencapai angka 66,96 persen. Sementara dosis dua mencapai angka 38,76 persen.

“Angka-angka tersebut terus bergerak naik. Ini menandakan antusias masyarakat kita cukup tinggi mengikuti program vaksinasi,” tandasnya.

Pantauan redaksi ini sejak dibuka vaksinasi Booster pada pukul 09.00 WITA terlihat antusias warga begitu tinggi. Nampak pula sejumlah pejabat eselon II dan ASN ikut mengantri pada meja registrasi untuk mengikuti program vaksinasi Booster. (*/dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here