oleh

Semarak HUT ke-19, Di Tangan FDW-PYR Minsel Berkembang Pesat

AMURANG, SorotanNews.com — Kabupaten Minahasa Selatan menjejak usia ke-19, Kamis (27/01) 2022. Perayaan puncak hari yang penuh historical itu berlangsung penuh khidmat. Diawali dengan upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati, dan dilanjutkan dengan ibadah syukur yang dipimpin Sekretaris BPMS GMIM Pdt Ever Tangel M. Th.

Semarak HUT kian terasa istimewah saat diparipurnakan melalui sidang paripurna istimewah yang berlangsung di Kantor DPRD Minsel, Teep siang tadi.

Menariknya perayaan HUT melalui paripurna kali ini suasananya terasa berbeda. Itu lantaran dalam momentum HUT kali ini banyak dihadiri sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Seperti yang terpantau redaksi ini selain sihadiri langsung Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan Sekprov Sulut Asiano Gammy Kawatu, nampak juga Bupati Minahasa Utara Joune Ganda bersama Wakil Bupati Kevin Lotulon. Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, Bupati Minahasa Royke Roring dan sejumlah pejabat tinggi Pemprov Sulut.

Uniknya lagi Wali Kota Tomohon Carel Senduk pun turut menghadiri HUT ke-19 Kabupaten yang terkenal dengan julukkan kota dodol itu. Padahal diketahui pada saat bersamaan Kota Tomohon juga merayakan HUT ke-19.

Kehadiran sejumlah pemangku kebijakan se-Sulut itu memberi angin segar bahwa di dapuk duet eksekutit Bupati Franky Wongkar dan Wakil Bupati Petra Rembang, sinergitas antara pemerintah daerah begitu kuat.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dalam sambutannya mengajak elemen masyarakat untuk bahu-membahu mendukung dan mensukseskan program-program pemerintah.

“Dengan momentum HUT ke-19 Minsel terus berkembang pesat di segala sektor,” harap Wagub Steven.

Mantan Ketua Deprov Sulut itu pun tak lupa memberi apresiasi sinergitas pemkab Minsel dalam mendukung program Pemprov Sulut selama ini.

Wagub juga mengajak pada momentum HUT ini semua elemen untuk mengintrospeksi dan mengevaluasi untuk melakukan pembangunan Minsel, tahun-tahun ke depan harus lebih baik dan hebat, ini mutlak.

“Walaupun ditengah pandemi, saya tau persis bagaimana kondisi fiskal di 15 kab/kota. Termasuk di daerah Minsel setelah mengalami berkali-kali refokusing. Lembaga dewan yang terhormat ini harus pinter-pinter berakrobat, harus pinter-pinter mencari terobosan agar supaya betul-betul APBD kita ini mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerjaan, mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesejateraan,” tutur Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Sementara itu Bupati Frangky Wongkar dalam sambutannya mengaku bersyukur rangkaian perayaan HUT boleh berlangsung sukses.

Bupati juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pemimpin terdahulu terutama para pejuang pemekaran Minsel, yang dengan semangat perjuangan yang gigih meletakkan dasar-dasar pembentukkan Kabupaten Minsel.

Dalam kesempatan itu FDW juga menyampaikan sejumlah capaian prestasi yang diraih selama ini.

Wakil Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa yang memimpin paripurna tersebut menyebutkan sejumlah karya nyata yang menjadi persembahan terbaik di awal masa pemerintahan FDW-PYR di antaranya :

Pembangunan RTP di kawasan pertokoan Amurang, pengembangan pelabuhan penyebrangan laut Pelabuhan Mobongo, perbaikan ruas jalan Minsel-Mitra melalui jalur Amurang-Ratahan, peningkatan pertanian dataran tinggi melalui program upland, kehadiran beasiswa perubahan, pembangunan fasilitas Kesehatan berupa dua buah lab PCR lengkap dan pemberian insentif bagi tokoh-tokoh agama. Terjadinya penurunan angka stunting dari 2,7 persen pada tahun 2020 menjadi 2,3 person pada tahun 2021. Termasuk Bersama-sama TNI, Polri dan elemen lainnya berhasil menekan angka Covid sehingga berada pada level I PPKM.

“Sementara itu sepanjang tahun 2021 juga sejumlah penghargaan berhasil di raih di antaranya penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup program kampung iklim (Proklim) untuk Kelurahan Rumoong Bawa Amurang Barat dan Desa Sapa Kecamatan Tenga,” ungkap Lumowa dalam sidang paripurna.

Di bidang pengelolaan Keuangan Pemkab Minsel sukses meraih WTP dari BPK-RI.

Di bidang olahraga sendiri atlit disabilitas Hendra Sariman berhasil meraih medali perak tingkat nasional dalam ajang paparnas di Papua untuk cabor Tenis Meja. Pun dengan atlit disabilitas lainnya Farli Tilaar meraih perunggu cabor Tenis Meja Paparnas Papua. Juara satu lomba adiwiyata mandala tingkat propinsi atas nama SD Inpres Tumpaan Satu dan SMP Negeri 1 Ranoyapo.

Diketahui perayaan HUT ke-19 Kabupaten Minsel kali ini digelar dengan nuansa pakaian adat Minahasa. (*/adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *