oleh

Minta Pendampingan Hukum, BRI Cabang Tondano Gandeng Kejari Minsel

AMURANG, SorotanNews.comKejaksaan Negeri Minahasa Selatan diminta melakukan pendampingan hukum oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tondano. Kerjasama di bidang hukum antara Korps Adhiyaksa dan BRI Cabang Tondano itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman kerjasama (MoU) yang berlangsung di Amurang, Jumat (11/02) 2022 pagi tadi.

Penandatanganan nota kesepahaman di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara itu diteken langsung Kepala Kejaksaan Negeri Minsel Budi Hartono dan Kepala Cabang BRI Tondano Muhammad Nawir Nadjib.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Selatan Budi Hartono menyampaikan maksud Penandatanganan Perjanjian Kerjasama adalah untuk meningkatkan sinergitas antara Kejaksaan Negeri Minahasa Selatan dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Tondano dengan tujuan mengoptimalkan tugas pokok dan fungsi masing masing.

“Kami sangat menghargai Kesepakatan Kerjasama yang baik antara PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Tondano dengan jajaran Kejaksaan Negeri Minahasa Selatan khususnya Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara sebagai bukti kepercayaan kepada kami Jaksa Pengacara Negara, karena memang kami Jaksa Pengacara Negara bekerja berdasarkan undang-undang yang berlaku serta kepercayaan yang harus dijaga dan kami junjung tinggi,” ungkap Kajari.

Dia menjelaskan Perjanjian Kerjasama antara PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Tondano dengan Kejaksaan Negeri Minahasa Selatan di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara menunjukkan suatu komitmen untuk menjaga sinergitas antar APH dengan Perusahaan Plat Merah tersebut.

“Tentunya sudah banyak hal-hal positif yang akan didapatkan untuk menunjang optimalisasi tugas kedua belah pihak dalam menjalankan tugasnya masing-masing,” nilai Budi Hartono.

Menurutnya MoU ini akan dimaknai sebagai bentuk komitmen Korps Adhiyaksa selaku pengacara negara untuk berkontribusi mendukung dan memastikan keberhasilan Bank Rakyat Indonesia khususnya BRI Cabang Tondano, sebagai Perusahaan Negara yang bergerak di bidang Perbankan.

Itu sebab kata dia Perjanjian Kerjasama (MoU) ini menjadi wadah resmi koordinasi antara Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Negeri Minahasa Selatan dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tondano dalam hal bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya.

“Jadi kami pihak Kejaksaan selaku Jaksa Pengacara Negara dalam pelayananyaterkait konteks kerjasama ini, pertama dapat memberikan Bantuan Hukum di bidang Perdata oleh Jaksa Pengacara Negara atau Pemerintah untuk bertindak sebagai Kuasa Hukum berdasarkan Surat Kuasa Khusus baik secara Non Litigasi maupun Litigasi, yang kedua yakini Pertimbangan Hukum yaitu Jasa Hukum yang diberikan oleh Jaksa Pengacara Negara dalam bentuk Pendapat Hukum (Legal Opinion / LO) dan/atau Pendampingan Hukum (Legal Assitance / LA), yang ketiga Tindakan Hukum Lain yang adalah Pemberian Jasa Hukum oleh jaksa Pengacara Negara diluar Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pelayanan Hukum dan Pertimbangan Hukum dalam rangka menyelamatkan dan memulihkan Keuangan / Kekayaan Negara serta menegakkan kewibawaan Pemerintah antara lain untuk bertindak sebagai Konsiliator,” tandasnya.

Diketahui turut hadiri dalam penandatangan MoU itu Pemimpin PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Pembantu Amurang, Para Kepala Seksi, Kepala Sub Seksi dan Jaksa Fungsional pada Kejaksaan Negeri Minahasa Selatan selaku Jaksa Pengacara Negara beserta jajaran PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Tondano. (*/dou)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *