oleh

AA-RS Meningkatkan Sinergitas Pemkot Manado Bersama TNI/Polri Dalam Melaksanakan Kamtibmas

Manado SorotanNews.com – Menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Terkait Kamtibmas yang di laksanakan di ruang serbaguna Kantor Walikota Manado, Walikota Andrei Angouw bersama Wakil Walikota Richard Sualang membahas tentang peningkatan sinergitas antara Pemerintah Kota Manado Bersama TNI/Polri dalam melaksanakan tugas keamanan dan ketertiban masyarakat, Senin (14/2)

Kegiatan yang diawali dengan laporan pelaksanaan kegiatan dari Asisten I Heri Saptono, selanjutnya sambutan dan arahan Walikota Manado. Diawal sambutannya Walikota menyinggung soal bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat serta soal berbagai investasi yang harus dikembangkan di Kota Manado. “Ini bisa terlaksana jika kamtibmas dapat dijaga dengan baik,” sebutnya. sembari memaparkan data kamtibmas di Kota Manado saat ini.

Walikota meminta agar masalah ini dilakukan pendataan oleh Lurah dan Ketua-Ketua Lingkungan. “Bagi lurah dan ketua lingkungan harus menguasai wilayahnya dan harus mengetahui apa yang terjadi diwilayahnya seperti situasi dan kondisi dalam kaitan dengan kamtibmas,” warning Walikota.

Dia turut meminta agar lurah dan ketua lingkungan bisa berkoordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas. Para lurah juga harus menfasilitasi agar supaya permasalahan kamtibmas dan perselisihan yang ada dimasyarakat bisa selesai secara kekeluargaan diwilayahnya. “Jadi hal-hal yang remeh temeh bisa diselesaikan baik tingkat lingkungan atau kelurahan,” harap walikota.

Walikota juga meminta bantuan tokoh-tokoh agama agar terlibat dalam hal penyelesaian perselisihan yang terjadi atau dalam rangka meredam munculnya kamtibmas. Perselesihan harus diredam dengan bagaimana menciptakan komunikasi yang baik ditengah masyarakat. Menurut Walikota komunikasi yang baik harus dijadikan jembatan didalam meredam perselisihan dan masalah kamtibmas.

Walikota juga menyampaikan soal identifikasi bagi pemabuk termasuk soal warga yang terlibat narkoba. Hal yang akan dikembangkan juga adalah identifikasi lokasi-lokasi rawan kecelakaan untuk mengetahui penyebabnya. Hal-hal lain yang disampaikan Walikota adalah Kasie trantib dikelurahan harus diberdayakan dan Pos Kamling dibuat dirumah ketua-ketua lingkungan masing-masing.

Semua hal yang disampaikan diharapkan oleh Walikota untuk diseriusi camat, lurah dan ketua lingkungan sebab merupakan ujung tombak dalam menangani masalah-masalah ini. Selesai sambutan dan arahan walikota, acara dilanjutkan dengan pemaparan baik yang mewakili Dandim maupun pemaparan dari Kapolres sehubungan dengan permasalahan Kamtibmas di Kota Manado.

Mewakili Dandim menyampaikan pengalaman dilapangan ketika terlibat bersama masyarakat dalam mengantisipasi gejala-gejalah rawan kamtibmas. Kapolres memaparkan data berbagai kasus kamtibmas di Kota Manado selama memasuki tahun 2022 ini disetiap kecamatan yang ada di Kota Manado.

Selesai pemaparan, acara diakhiri dengan tanya jawab peserta rapat koordinasi. Kegiatan rakor juga dihadiri, Sekretaris Kota Manado Micler Lakat, Kapolres Manado, yang mewakili Dandim Manado, Asisten I, Kasat Pol PP Manado, seluruh camat dan seluruh Lurah se Kota Manado, seluruh Danramil dan KaPolsek se Kota Manado serta Ketua BKSUA dan FKUB Kota Manado.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *