oleh

Bangga! Minsel Ketambahan Satu Kampus, Bupati FDW Berharap IST Trinita Dorong Kualitas Sektor Pendidikan

AMURANG, SorotanNews.com — Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar menghadiri acara penyerahan SK dan ijin pendirian Kemendikbud, riset dan teknologi Institut Sains dan Teknologi (IST) Esa Trinita yang dirangkaikan dengan pelantikan rektor dan pejabat struktural di Hotel Sutanraja Amurang, Rabu (16/02) siang tadi.

Dalam sambutannya Bupati meyakini kehadiran Kampus IST akan mendorong sektor pendidikan di Kabupaten Minahasa Selatan semakin unggul.

“Kehadiran institut IST ini akan membuka kesempatan bagi warga Minsel untuk menikmati pendidikan tinggi di daerahnya sendiri setelah lulus di tingkat sekolah menengah,” kata Bupati.

FDW berharap sebagai institusi akademik IST akan mampu menghasilkan lulusan terbaik yang memiliki kemampuan akademik yang mumpuni dan terampil.

“Setelah masuk IST kemudian lewat ilmu yang didapatkan akan diabdikan ke masyarakat,” harapnya.

Di akhir sambutannya Bupati menyampaikan banyak selamat atas pembukaan Kampus iST yang berlokasi di Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Lopana Kecamatan Amurang Timur.

“Banyak selamat, semoga kerjasama di sektor pendidikan ini akan semakin diperkuat,” tandas Bupati.

Sementara itu Gubernur Sulut dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asissten I Setdaprov Sulut Denny Mangala mengatakan sebagai pemerintah tentu berharap kelahiran perguruan tinggi IST bisa mendorong kualitas pendidikan di Sulut pada umumnya terutama di Kabupaten Minahasa Selatan.

“Pak Gubernur mengucapkan banyak selamat atas dibuka Kampus IST di Minsel. Ini tentu jadi kebanggaan di bawa kepemimpinan FDW-PYR Minsel ketambahan satu perguruan tinggi,” kata Mangala membacakan sambutan Gubernur Olly.

Mangala menegaskan Pemerintah Sulawesi Utara memiliki visi luar biasa di sektor pendidikan. Itu semua menurutnya semata-mata untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dan religius.

“Dalam UU pendidikan pemerintah wajib alokasi anggaran pendidikan 20 persen. Nah Sulut sendiri mengalokasikan 33 persen APBD untuk sektor pendidikan,” kunci Mangala.

Rektor IST Harvani Brilllian Boky mengatakan sebagai perguruan tinggi terakreditasi BAN PT tentu memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan sumberdaya manusia yang unggul.

“Untuk awal ini IST Esa Trinita punya tiga program studi yakni program studi perikanan, pertanian dan teknologi kesehatan. Tentu program studi ini sesuai dengan kebutuhan pendidikan di Minsel,” sebut Boky.

Diketahui hadir pada acara tersebut Ketua TP-PKK Kabupaten Minsel sekaligus Anggota DPRD Minsel Elsje Rosje Sumual, Ketua BPMS GMIM sekaligus Khadim Hein Arina, Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah 16 Prof Mahludin H. Baruwadi, MP, yang diwakili oleh Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Sulawesi Utara Acub Zainal Buzura, SH., MH., Guru Besar Prof. Manoppo Saerang, Ketua Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Drs. Thedi Manueke, MM., Ketua Pembina Yayasan Prisma Sulawesi Utara Apriani A. Saerang, ST., M.Si., Ketua Yayasan Prima Sulawesi Utara Merry J.J. Langi, SE., M.Si., Para Akademisi. (*)

.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *