oleh

Bupati Wongkar Hadiri Musrembang RKPD Propinsi Sulut

AMURANG, SorotanNews.com —Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023.

Musrembang RKPD Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 yang mengambil tema meningkatkan daya saing daerah melalui pembangunan SDM dan Infrastruktur yang berkualitas serta berwawasan lingkungan itu dibuka langsung Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, di Hotel Four Points Manado, Selasa (19/04) kemarin.

Menariknya dalam forum musrembang itu turut dihadiri Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si.

Wagub dalam kesempatan itu memaparkan target dari Pemerintah Pusat yang perlu disikapi oleh pemerintah daerah (pemda) di Bumi Nyiur Melambai.

“Target itu adalah Pertumbuhan Ekonomi 5-5,7 persen, Angka Lemiskinan 5,9 persen, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 6-6,5 persen dan gini ratio 0,355, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berada di angka 74,” bebernya.

Terkait target tersebut, menurutnya angka-angka yang ditetapkan pusat untuk Sulut masih rasional.

“Kuncinya ada pada bapak ibu. Bukan hal yang main-main, tapi perlu kerja keras baik pemerintah maupun masyarakat, termasuk regulasi dari Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Sulut ini juga mengingatkan terkait pariwisata yang tidak boleh dikesampingkan. Pasalnya, pandemi Covid-19 yang mulai menurun diperkirakan tren liburan bakal mengalami kenaikan.

“Reborn pariwisata harus kita sama-sama antisipasi. Tolong perencanaan kedepan pariwisata ini jangan dilupakan,” sebutnya.

Selain itu, Kandouw mengakui wilayah Sulut yang memiliki potensi kerawanan dapat menjadi perhatian bersama.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven O.E. Kandouw, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si., Sekprov Sulut Asiano Gemmy Kawatu, SE M,Si., Para Kepala-kepala Daerah se-Provinsi Sulut, Forkopimda Sulut. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *