Running For Humanity! KNPI Minsel Salurkan Bantuan Bencana Abrasi Amurang

AMURANG, SorotanNews.com — Apa yang dilakukan DPD KNPI Minsel pantas ditiru.

Saat bencana abrasi menghantam pesisir sebagian Kelurahan Bitung dan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Rabu (15/06) lalu.

Pengurus DPD II KNPI Minsel tergerak hati untuk bergotong royong dan berkontribusi meringankan beban korban bencana.

Niat untuk berbagi akhirnya terwujud, Jumat (17/06) sore tadi, rombongan DPD KNPI menyembagi posko pengungsian di Kelurahan lewet Amurang.

Terpantau sejumlah paket bahan pokok seperti air mineral, susu, perlengkapan mandi, kebutuhan bayi, kebutuhan ibu hamil, dan pakaian diberikan secara simbolis ke para korban bencana.

Ketua DPD KNPI Minsel Vickly Lumowa mengaku prihatin dengan peristiwa bencana tersebut.

“Kita tergerak atas nama kemanusiaan untuk ikut menringankan beban para korban,” ungkap Lumowa.

Lumowa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu membantu para korban terdampak, berelaborasi dengan pemerintah daerah.

“Empati terkecil sekalipun itu lebih berarti daripada sekedar simpati terbesar sekalipun. Apa yang kita lakukan ini meski terlihat kecil tapi lahir dari hati kami yang besar. Semoga ini bisa bermanfaat bagi korban bencana,” harapnya.

Senada diungkapkan Sekretaris DPD KNPI Minsel Viany Tambingon. Dia mengaku pihaknya terketuk hati dan menaruh kasih melihat kondisi para korban bencana.

“Bencana Alam yang menimpa saudara-saudara kami di Amurang membuat hati kami juga menangis sehingga kami berniat untuk mengumpulkan bantuan untuk membantu korban terdampak,” ujarnya dalam nada prihatin.

Sebagai sebuah organisasi kepemudaan, KNPI memiliki tanggungjawab moral dan panggilan untuk ikut meringankan beban para korban bencana. Sebutnya sebagaimana slogan “KNPI Satu Nafas” yang menunjukan, pemuda seluruh Indonesia harus memiliki satu kesatuan tekad, visi dan misi, detak nadi perjuangan, cita-cita membangun bangsa dan negara Indonesia.

“Kepekaan sosial itulah hati kami tergerak untuk melakukan aksi kemanusiaan. Tentu melalui bantuan materiil maupun spiritual,” timpalnya.

“Kami doakan mereka supaya tetap kuat. Kita harus bergandengan tangan. Saling berkolaborasi memberikan sumbangsing kepada para korban terdampak,” tambah Bendahara DPD KNPI Minsel Alvin Lumapow.

Diketahui bencana amblasnya jembatan dan puluhan rumah warga serta sejumlah cottage di Kelurahan Bitung dan Uwuran Satu Amurang itu berawal saat air laut dan air sungai mengerus tembok pengaman bangunan warga. Pondasi mirip talud ini difungsikan untuk melindungi warga pesisir pantai serta jalan boulevard.

Namun talud hancur. Akibatnya jembatan di boulevard Amurang roboh perlahan lahan disedot air. Begitu pun rumah permanen yang berada di tepi dilumat air pantai. Di saat bersamaan cuaca di laut tidak terlalu ekstrem.

Akibat tanah yang diduga kena abrasi air laut, pohon dan tiang listrik dan Telkom roboh melintang di tengah jalan.

Update data pengungsi bencana abrasi hingga, saat ini

Lokasi Pos Pengungsian Balai Pertemuan umum Kelurahan Lewet 43 KK
Jumlah Jiwa (orang) : 126

Lokasi Pos Pengungsian Aula gereja Syalom kelurahan uwuran dua
Jumlah KK : 58
Jumlah Jiwa (orang) : 227. (dou)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here