oleh

DPRD Minsel Tetapkan Pansus Ranperda Rencana Induk Kepariwisataan

AMURANG, SorotanNews.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan menetapkan susunan personalia panitia khusus (Pansus) ranperda rencana induk pembangunan kepariwisataan. Hal itu ditetapkan dalam sidang paripurna DPRD yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Minsel Stefanus DN Lumowa, Senin (20/06) kemarin.

“Ranperda ini sudah dibahas sejak tahun 2016. Namun terkendala revisi RT/RW sehingga baru kita lanjutkan sekarang,” ungkap Lumowa dalam narasi pengantar paripurna.

Wakil Ketua DPRD Fraksi PDI-P itu menjelaskan berdasarkan Permendagri nomor 20 tahun 2016 tentang program pembentukan produk hukum daerah, maka dipandang perlu untuk menetapkan pansus dimaksud.

Lumowa berharap dapat bekerja dengan baik, memaksimalkan waktu pembahasan sehingga dalam tempo yang relatif singkat bisa tuntas.

“Ditargetkan Kamis sudah tuntas. Sehingga Jumat atau Senin masuk tingkat dua,” harapnya.

Harapan yang sama juga ditegaskan Lumowa terhadap pihak eksekutif untuk bersikap proaktif terhadap berbagai permintaan dokumen.

“TAPD dan seluruh perangkat daerah untuk menyiapkan semua dokumen sehingga muda dalam pembahasan. Target Minggu pertama bulan depan sudah ditetapkan dan masuk di kementerian,” ingatnya lagi.

Sementara itu, Wakil Bupati Petra Rembang dalam sambutannya mewakili Bupati Franky Wongkar memberi apresiasi terhadap berbagai sinergitas yang telah ditunjukkan DPRD terhadap pembentukan pansus ranperda rencana induk pembangunan kepariwisataan tahun 2018-2022.

“Apresiasi terhadap pimpinan da anggota DPRD yang telah menetapkan pansus ini,” ungkap Rembang.

Ranperda tentang kepariwisataan ini, menurut Rembang menjadi penting apalagi sejalan dengan misi prioritas pemerintah daerah untuk menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat.

“Minsel sendiri ada 8 destinasi prioritas. Dari 8 itu ada tiga yang akan menjadi perhatian prioritas. Bukit Sasayaban, Kawasan Kuliner Bolevard, dan Air Terjun Kulun-kulun dan Tunan Tareran,” sebut Rembang.

Pemerintah berharap melalui Ranperda ini bisa mendorong terwujudnya kemandirian ekonomi masyarakat melalui sektor agribisnis dan pariwisata. (*)

Struktur Pansus

Ketua : Rommy Pondaag (F-PDIP) Wakil Ketua : Liand Mandey (F-Golkar) Sekretaris : Kumaat Alex (F-Nasdem) Anggota : Ridel Marentek (Golkar) Olfiane Timbuleng (Golkar) Frangky Lelengboto (PDIP) Jhonly Ombeng (PDIP) Leidy Langie (Nasdem) Royke Kaloh (Demokrat) Andris Rumondor (Demokrat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *