Wujudkan Pengelolaan Keuangan Yang Akuntabel, BPKAD Pemkab Minsel Gelar Bimtek FMIS

AMURANG, SorotanNews.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) melaksanakan, Bimbingan Teknis (Bimtek) Pertanggungjawaban dan Pelaporan Aplikasi Financial Management Information Sistem.

Bimtek yang berlangsung dari tanggal 21 Hingga 23 November 2022 di Hotel Grand Puri Manado itu, dibuka langsung Bupati Minsel Franky Wongkar.

Pada gelaran bimtek yang berlangsung selang tiga hari itu menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Utara.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara tersebut menyampaikan apresiasi kepada BPKP atas pendampingan serta komitmennya dalam membantu Pemkab Minsel meningkatkan kompetensi bagi perangkat daerah dalam hal penatausahaan keuangan.

Melalui aplikasi Financial Management Information System (FMIS) Bupati berharap, pelaporan keuangan dapat berjalan dengan transparan dan akuntabel untuk kesejahteraan masyarakat. Karena itu ia meminta kepada peserta bimtek untuk serius dan mencermati materi serta penjelasan yang di sampaikan tim BPKP.

“Aplikasi ini penting bagi kita, mudah-mudahan tidak ada lagi masalah-masalah dalam pelaporan keuangan di Minahasa Selatan”, ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring dalam arahannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada BPKP.

Ia berharap, Pemkab Minsel dapat mengimplementasikan FMIS dengan maksimal sehingga penatausahaan keuangan yang efektif dan efisien dapat terwujud.

Kaper menjelaskan bahwa aplikasi FMIS merupakan aplikasi SIMDA Next-G yang dikembangkan dari aplikasi SIMDA yang sudah dibangun BPKP.

Senada dengan Bupati, Kaper juga meminta agar peserta dapat mengikuti Bimtek dengan serius agar materi yang disampaikan dapat diaplikasikan di lingkungan kerja serta akuntabilitasnya dapat ditingkatkan.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Petra Yani Rembang, Sekretaris Daerah Glady Kawatu, jajaran Kepala SKPD, Tim BPKP Sulut, dan para peserta yang merupakan bendahara pengeluaran dan staf perencana di masing-masing OPD di Kabupaten Minahasa Selatan.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Minsel James Tombokan yang ditemui di sela-sela kegiatan bimtek itu menjelaskan llaksanaan bimtek dalam rangka memberikan pemahaman yang sama kepada ASN khususnya tim penyusun Laporan keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) menggunakan aplikasi Finansial Management Information System (FMIS).

“Prinsipnya bimtek ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya aparatur bidang akuntansi, yang meliputi pelaporan, pertanggung jawaban, dan pengawasan keuangan daerah,” terang Tombokan. (*/dou)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *