DPRD Gelar Paripurna LKPJ Bupati Minsel Tahun 2023

AMURANG, SorotanNews.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan menggelar rapat paripurna tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Minsel tahun anggaran 2023.

Rapat paripurna dipimpin Plt Ketua DPRD Minsel Stefanus DN Lumowa yang didampingi Wakil Ketua Paulman Runtuwene dan dihadiri oleh 20 anggota DPRD.

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Minsel Franky Wongkar bersama Wakil Bupati Petra Rembang dan jajaran Forkompinda.

Plt Ketua DPRD Minsel Stefanus DN Lumowa mengatakan berdasarkan ketentuan undang-undangan nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, mewajibkan kepala daerah dan Wakil kepala daerah menyampaikan LKPj yang dilakukan setiap tahun.

“Sebagaimana ditegaskan juga pada peraturan pemerintah sebagai aturan turunan yakni PP 13 tahun 2019 yang mewajibkan kepala daerah menyampaikan LkPj kepada DPRD satu kali dalam satu tahun selambat-lambatnya 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” ungkap Lumowa.

Politisi PDIP itu berharap pembahasan LKPj Bupati tahun 2023 berjalan tepat waktu. Efektif dan efesien sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Sementara itu Bupati Minsel Franky Wongkar mendahului laporan keterangan LKPj mengatakan apresiasi kepada anggota DPRD dan jajaran Forkompinda atas kerja hebat dan kerja kolaborasi.

Bupati berharap hubungan baik dan sinergitas yang selama ini dibangun antar lembaga terus dijaga.

Dalam paparannya kepala daerah yang matang dan tenang itu, menyampaikan garis-garis besar LKPj tahun 2023.

FDW begitu Bupati Minsel itu disapa, menyebutkan Lkpj merupakan hasil penyelenggara pemerintahan.

LKPj adalah wujud kepatuhan atas amanat undangan 23 dan PP 13 tahun 2019. Dalam rangka mendapatkan rekomendasi dari DPRD untuk penyempurnaan pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Bupati menyebutkan terselenggaranya pemerintahan di Kabupaten Minahasa Selatan dengan berbagai capaian sepanjang tahun 2023 tidak lepas dari dukungan dan kerja sinergi semua elemen di antara DPRD, Forkompinda dan dukungan masyarakat.

Diketahui berdasarkan R-LPPD tahun 2023 proyeksi pendapatan APBD sebesar Rp1 trilian lebih. Sementara realisasi sebesar Rp937 miliar atau setara 92,38 persen. Yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp22 miliar, Dana Perimbangan Rp697 miliar lebih, dan Pendapatan lain yang sah sebesar Rp27 miliar.

Diakhir Agenda paripurna DPRD menetapkan personil pansus untuk membahas LKPj Bupati tahun 2023.

Personil pansus di antaranya Ketua Franky Lelengboto fraksi PDIP, Wakil Ketua Robby Sangkoy Fraksi Golkar, dan Sekretaris Andris Rumondor Fraksi Demokrat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *